GOPOS.ID, JAKARTA – Perjuangan Ririn Adam, S.T.Keb dalam mengikuti Tenaga Kesehatan dalam kategori Bidan berbuah manis. Bidan yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Hasri Ainun Habibie Provinsi Gorontalo merupakan bidan teladan Provinsi Gorontalo yang berhasil mengharumkan nama daerah di kancah Nasional. Ririn Adam menjadi salah satu bidan teladan terbaik se Nasional.

Total ada enam bidan teladan terbaik se Nasional dari 34 Provinsi di Indonesia. Nama Ririn Adam sendiri bertengger di peringkat ke empat Nasional tenaga kesehatan kategori bidan dalam Anugerah Nakes 2022 yang digelar di Hotel Sultan Jakarta.

Kepada gopos.id, Ririn menceritakan perjuangannya ikut dalam tenaga kesehatan di tahun 2022. Dimulai dari konsistensinya saat mengikuti penilaian dari jenjang Rumah Sakit, Provinsi hingga ke Nasional, Ririn melaluinya dengan tidak mudah.

Dimana ada beberapa kategori penilaian yang menentukan seseorang tersebut berhak untuk diikutkan pada tingkat Provinsi maupun Nasional.

“Alhamdulillah, pengumuman di tingkat Provinsi, saya disampaikan merupakan peserta tenaga kesehatan teladan terbaik I dengan kategori Bidan. Dan akan diutus ke tingkat Nasional, maka kami diberikan waktu sekitar sepekan untuk mempersiapkan kriteria penilaian, dengan mengikuti pemaparan via zoom yang dinilai langsung oleh tim dari pusat. Disini kami memaparkan inovasi kami masing-masing,” ucap perempuan yang akrab disapa Ido ini.

Lanjut dikatakan Ririn bahwa pada penilaian tahap V, hal-hal yang menjadi dasar penilaian diantaranya kebaruan, efektivitas, bermanfaat, transferbilitas, kompatibilitas, berkelanjutan, daya juang, dan pembiayaan.

Untuk Tenaga Kesehatan Teladan sendiri, utusan dari Provinsi Gorontalo terdapat tiga profesi. Diantaranya profesi Dokter, dan Kesehatan Masyarakat (Kesmas).

“Di tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Jika sebelumnya Nakes teladan I untuk masing-masing kategori langsung mewakili di tingkat Nasional. Tahun ini, berbeda. Dimana setelah dinyatakan Teladan I di tingkat Provinsi, maka diseleksi lagi ditingkat Pusat. Nah, yang terbaik dari 34 provinsi itulah, kemudian yang diundang langsung untuk menerima Penghargaan di Anugerah Nakes 2022,” jelasnya.

Ririn Adam, S.T.Keb Bidan Teladan Provinsi Gorontalo yang meraih pengharagaan di Anugerah Nakes 2022. foto istimewa

Terakhir, Ririn Adam mengucapkan terima kasih kepada seluruh manajemen RSUD dr. Hasri Ainun Habibie Provinsi Gorontalo yang telah memberikan support, bimbingan serta motivasi di dalam mengikuti kompetisi tahunan tersebut. Ketua organisasi Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Gorontalo besrta jajaran. Termasuk, Tim IT RSUD dr. Hasri Ainun Habibie Iwan Maksud yang telah banyak membantu dalam mengimplementasikan inovasi serta rekan kerja se profesi serta seluruh tenaga kesehatan di lingkungan RSUD Hasri Ainun Habibie yang setiap saat memberikan masukkan dan saran terhadap inovasi yang telah dilakukan.

“Tak lupa saya ucapan banyak terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Direktur RSUD Hasri Ainun Habibie, Pimpinan di Manajemen RSUD Ainun Habibie, orang tua, keluarga, rekan-rekan sejawat, Tim IT RSUD, serta seluruh Nakes RSUD Hasri Ainun Habibie yang sudah memberi motivasi serta dukungan penuh terhadap saya. Insyaallah kedepan, teman-teman Nakes di RSUD Hasri Ainun Habibie bisa ikut berkontribusi yang sama di tahun-tahun mendatang untuk memperoleh Penghargaan Anugerah Nakes. Sehingga kita bisa membuktikan bahwa SDM yang dimiliki RSUD dr. Hasri Ainun Habibie mampu bersaing dengan nakes-nakes di provinsi lainnya,” tandasnya. (adm-01/gopos)

By admin