RSUD dr. Hasri Ainun Habibie meraih hasil yang menggembirakan dari survey budaya keselamatan pasien yang dilakukan baru-baru ini, serta menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam persiapan akreditasi. Rumah sakit ini terus berkomitmen dalam meningkatkan budaya keselamatan pasien dan memastikan pemenuhan standar kualitas yang diperlukan untuk akreditasi.

Survey budaya keselamatan pasien adalah alat penting untuk mengukur sejauh mana budaya keselamatan telah tertanam dalam suatu lembaga kesehatan. RSUD dr. Hasri Ainun Habibie telah berfokus pada pengembangan budaya yang mendorong komunikasi terbuka, pembelajaran dari kesalahan, dan penerapan praktik terbaik dalam rangka meningkatkan keselamatan pasien.

Hasil survey menunjukkan bahwa RSUD dr. Hasri Ainun Habibie telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam membangun budaya keselamatan pasien yang kuat. Faktor-faktor seperti komunikasi yang efektif, kolaborasi antarprofesional, dan kesadaran akan risiko telah dinilai positif oleh responden. Hal ini menunjukkan adopsi yang baik terhadap prinsip-prinsip keselamatan pasien dalam praktik sehari-hari di rumah sakit ini.

Selain itu, persiapan akreditasi juga menjadi fokus penting bagi RSUD dr. Hasri Ainun Habibie. Proses akreditasi adalah langkah yang krusial untuk menilai dan mengakui bahwa rumah sakit memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. RSUD dr. Hasri Ainun Habibie telah berkomitmen dalam melakukan evaluasi menyeluruh dan peningkatan dalam berbagai aspek yang berkaitan dengan akreditasi, seperti manajemen mutu, kepatuhan peraturan, dan penerapan prosedur yang aman.

Bapak Arifandi Pelealu, selaku Kepala Bidang Keperawatan yang memimpin langsung rapat pada hari ini, mengungkapkan kegembiraannya atas hasil yang dicapai. Beliau menyatakan, “Kami sangat bangga dengan hasil positif dari survey budaya keselamatan pasien. Hal ini menunjukkan komitmen dan kerja keras tim kami dalam menerapkan praktik keselamatan yang terbaik. Persiapan akreditasi juga menjadi tonggak penting dalam memastikan bahwa kami menyediakan layanan kesehatan berkualitas tinggi kepada masyarakat.”

Dengan hasil survey budaya keselamatan pasien yang menggembirakan dan persiapan akreditasi yang solid, RSUD dr. Hasri Ainun Habibie semakin siap untuk mencapai standar kualitas yang tinggi dalam penyelenggaraan layanan kesehatan. Rumah sakit ini berkomitmen untuk terus memperkuat budaya keselamatan pasien dan meningkatkan kepercayaan masyarakat di Provinsi Gorontalo. (Red-Pusdatin)