Gorontalo, 13 Juni 2023 – Dalam upaya meningkatkan akuntabilitas dan transparansi kinerja instansi pemerintah di sektor kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menginisiasi dan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemantapan Penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Acara tersebut dilaksanakan di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie dan dibuka oleh kepala dinas kesehatan provinsi Gorontalo, Dr. Anang Otoluwa, yang di ikuti seluruh Dinas Kesehatan dan RSUD kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo. Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Ir. Ramli Tongko. MSc Kepala BAPPEDA Kab. Banggai.

SAKIP

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Anang Otoluwa memberikan Sambutan Pada Kegiatan Pelaksanaan Pemantapan Penyusunan SAKIP Dinas Kesehatan, RSUD Kab/Kota

Bimtek ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan pemahaman dan implementasi SAKIP di seluruh Dinas Kesehatan, RSUD kabupaten/kota di provinsi Gorontalo. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Dr. Anang Otoluwa, memberikan sambutan pembukaan dan menyampaikan betapa pentingnya SAKIP dalam mengukur dan memantau kinerja instansi pemerintah dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat.

” kami berharap bahwa Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah  (SAKIP) ini akan menjadi pedoman yang bisa di implementasikan, sehingga kualitas output pelayanan di bidang kesehatan dapat terus ditingkatkan,” ungkap dr. Anang Otoluwa.

Bapak Ramli Tongko, sebagai pemateri pada kegiatan ini, memberikan penjelasan dan pemahaman yang komprehensif mengenai konsep SAKIP, Penjenjangan kinerja, kinerja, indikator kinerja, dan hasil. Ia juga memberikan contoh-contoh implementasi SAKIP yang sukses di daerah lain.

RSUD kabupaten/kota di provinsi Gorontalo turut hadir dalam bimtek ini, bersama dengan Direktur dan Manajemen RSUD dr. Hasri Ainun Habibie. antusias mengikuti sesi presentasi dan berpartisipasi dalam diskusi yang berlangsung selama bimtek. Para peserta berkesempatan untuk berbagi pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan SAKIP di masing-masing instansi.

Sesi Foto Bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dan Perwakilan Dinas Kesehatan dan RSUD Kab/Kota.

Direktur RSUD dr. Hasri Ainun Habibie, dr. Fitriyanto Rajak, yang merupakan tuan rumah acara, menyambut baik pelaksanaan bimtek tersebut. “Kami berharap acara ini dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi kinerja RSUD di provinsi Gorontalo. Dengan SAKIP yang terimplementasi dengan baik, kami yakin bahwa kami dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat,” ungkap Direktur RSUD dr. Hasri Ainun Habibie. Pelaksanaan bimtek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada seluruh peserta mengenai pentingnya SAKIP dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Dengan implementasi SAKIP yang efektif, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo berharap dapat mencapai kinerja yang lebih baik dan memberikan pelayanan yang lebih baik  terhadap kebutuhan kesehatan masyarakat.

By admin